Sekilas Info PDF Print E-mail

TEH HIJAU SEHATKAN GUSI

 

Mereguk secangkir teh hijau per hari mampu menjauhkan kita dari penyakit gusi. Itulah hasil temuan studi Dr Yoshihiro Shimazaki dan timnya di Universitas Kyushu, di Fukuoka, Jepang.

 

Mereka menganalisis 940 pria Jepang berusia 49 hingga 59 tahun untuk mengetahui keberadaan gejala penyakit gusi. Subjek penelitian kemudian diminta mengisi kuesioner mengenai kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, menyikat gigi, serta asupan teh hijau.

Studi ini menemukan resiko terserang penyakit gusi menurun seiring dengan meningkatnya konsumsi teh hijau. Peluang terjadinya gejala-gejala penyakit gusi seperti gusi berdarah, juga menurun dalam setiap cangkir yang diminum setiap hari. Shimazaki menduka kemampuan teh hijau mencegah terjadinya penyakit gusi disebabkan oleh kandungan antioksidan yang disebut polifenol.

Menurut Shimazaki, temuan ini tidak lantas berarti teh hijau bisa menggantikan peran dokter gigi. Mengunjungi dokter gigi secara berkala tetap yang terpenting.

Last Updated on Saturday, 08 August 2009 14:03