Posted by Admin Pertanian On November - 18 - 2020 Under berita, kegiatan 0 Comment

Jakarta (Unas) – Dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi Universitas Nasional (Unas) buat taman  balai desa dan olahan produk pertanian. Kegiatan ini dilakukan di lokasi Kuliah Kerja Lapang (KKL) yakni Balai Desa Undrus Binangun, Kadudampit, Kecamatan Sukabumi, Jawa Barat.

Kegiatan Pembuatan Taman di Balai Desa

Taman yang merupakan tempat pertemuan warga sekitar itu disulap menjadi indah dan asri. Kegiatan positif ini dilakukan beberapa hari setelah KKL berlangsung. Di sela-sela pembuatan taman, mahasiswa juga mendapatkan kunjungan dari Ketua Program Studi Agroteknologi Unas, Ir. Tri Waluyo, M. Agr.

Dalam kunjungannya tersebut, ia memberikan pengarahan kepada mahasiswa agar tetap menjaga diri dan kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan. “Semoga kegiatan KKL ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya, karena ini akan menjadi pengalaman yang penting kelak saat terjun di masyarakat,” ujar Kepala Biro Administrasi penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unas itu. Ia juga didampingi oleh Dosen Pertanian Unas, Saptomo Setiawan S.P., M.M.

Pengolahan Hasil Pertanian

Selain membuat taman di balai desa, kelompok mahasiswa lainnya juga membuat olahan produk makanan dengan menggunakan hasil unggulan pertanian di Desa Undrus Binangun. Olahan tersebut dibuat dari pisang raja, pisang ambon lumut, dan pisang nangka yang diolah menjadi Sanggara Belanda dan Nugget Pisang.Pembuatan produk olahan berbahan utama pisang ini dipraktekkan mahasiswa bersama ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Undrus Binangun, Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (7/11).

Selain memberikan inspirasi dan meningkatkan nilai tambah produk pertanian, dosen pembimbing  KKL, Ir. Asmah Yani, M.Si. berharap olahan ini dapat meningkatkan pendapatan keluarga. “Harapannya dengan mempraktekkan produk olahan, selain dapat menginspirasi ibu-ibu PKK untuk berwirausaha dalam rangka meningkatkan nilai tambah produk pertanian, juga bisa menambah pendapatan keluarga,” ujarnya saat dihubungi oleh Humas Unas via pesan whatsapp.

Sebelumnya, sebanyak 39 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) angkatan 2017, lakukan Kuliah Kerja Lapang (KKL) pada tahun akademik 2020/2021. Pelaksanaan KKL tersebut tersebar di empat provinsi. Salah satunya ialah di Desa Undrus Binangun, Sukabumi, Jawa Barat yang diikuti oleh 32 mahasiswa.

Lokasi KKL lainnya dilakukan di Sulawesi Barat yang diikuti 2 mahasiswa, Belitung dikuti 3 mahasiswa, dan Nias diikuti 2 mahasiswa. Nantinya, hasil dari laporan KKL tersebut akan dipresentasikan secara daring di seminar KKL pada 2-4 Desember 2020 mendatang. (NIS)